Blogroll

ask fm

Cerita Tentang Perkuliahan

04.58 |

Hei adik-adik sekalian, pasti kalian lagi galau banget kan mengenai mau masuk universitas mana. Dan itu yang gue alamin ketika tahun lalu, ketika itu gua bingung banget mau masuk mana dan fyi aja ya gue termasuk bukan kalangan orang berada makanya gue bingung banget mau masuk mana. Oiya ini kisah gue dan baca sampai selesai ya siapa tau bisa menginspirasi teman-teman semua hehe. Gue dari jurusan IPA sih tetapi gue gak bisa menguasai pelajaran yang udah di pelajari dan akhirnya kayak gini deh sebenernya gue suka banget sama yang namanya biologi.

 Niat awalnya gue pingin banget masuk UNAND (Universitas Andalas), ngambil jurusan apa ka? Gue ngambil jurusan yang orang banyak pingin ambil yakni kedokteran dan gue ngerasa gue yakin gue bisa tetapi yang lain ngerasa gue gak bisa karena factor ekonomi gue yang kurang baik dan you know lah kedokteran butuh berapa banyak uang dan butuh otak yang kuat untuk itu. Setelah bergalau ria hingga akirnya gue pingin ambil Psikologi UNAND aja deh karena psikologi unand itu ipa bukan ips, setau gue jurusan psikologi yang IPA itu terbatas banget dan akhirnya ternyata gue tidak di perbolehkan oleh ortu gue untuk balik ke kampong halaman gue yakni di Padang so gue disuruh kuliah yang masih daerah JABODETABEK padahal banyak universitas yang gue pertimbangkan untuk gue jajakin. Mulai dari Universitas Brawijaya, Unsoed tetapi restu orangtualah yang meyakinkan keputusan gue, saran gue mah lu coba aja dimana mau ortu lu setuju atau enggak yaudah karena biar lu gak nyesel juga sih. Biar tau aja gue masuk gak ya kalo disini kalo disana, ketika lu dapet juga nanti ortu lu perlahan juga setuju karena itu yang dialamin sama temen gue. Terus gue ikut seminar atau lebih tepatnya semacam edu day atau edu expo gitu kali yah nah karena itu akhirnya gue memutuskan untuk memillih Institut Petanian Bogor untuk melanjutkan pendidikan gue jadi ketika gua SNMPTN gue memilih IPB jurusan komunikasi dan pengembangan masyarakat dan manajemen hutan. 


Tetapi Allah berkhendak lain sehingga gue tidak diterima di IPB, gue nangis karena di tolak oleh IPB dan akhirnya gue daftar yang D3 IPB kan, dan akhirnya sama saja akupun di tolak untuk kesekian kalinya gue di tolak universitas. Akhirnya gue daftar PMDKPN kan, oiya kalian gak tahu ya PMDK-PN itu apa. Jadi PMDKPN itu kepanjangan dari Penelusuran Minat dan Bakat-Politeknik Negeri. Nah dia ini dari seleksi rapot gitu lho dan yang diliat juga dari prestasi apaaja yang kalian dapet selama di SMA/SMK dan bias anya PMDKPN itu harapan untuk nak SMK berkuliah. Milih apa sih wif di PMDK-PN? Ketika itu gue milih Politeknik Negeri Jakarta dan Politeknik Negeri Padang. Kenapa ke Padang juga sih ujung-ujungnya? Jadi gue udah frustasi banget kan so gue milih PNP deh untuk itu. Dan akhirnya apa? Gue berujug ditolak juga. Sedih banget deh udah apapun gue ikutin tetep aje ditolak mulu. Dan gue kan ngambil Bidikmisi kan di PNJ jadi gue kira itu bidikmisi pnj sama aja kan yang buat PMDK-PN, ngerti gak? Pokoknya gue kira ketika gue daftar bidikmisi pnj dan ketika gue dapet PMDK-PN PNJ jadi gue otomatis dapet tuh BIDIKMISI-nya. Nah ternyata gue sudah gugur di PMDK-PN. So gue berpikir untuk tidak kuliah atau menunda kuliah gue dan bekerja terlebih dahulu. Tetapi ternyata gue dapet sms tuh dari PNJ cek kelulusannya di percepat deh dan akhirnya… Kali ini keberuntungan lagi berpihak pad ague. GUE KETERIMA DI PNJ jurusan ADMINISTRASI BISNIS D3.

 Awalnya gue mikir mungkin akan banyak pelajaran bisnis disini atau bahkan disuruh dagang tetapi ternyata lebih ke Administrasinya sih. Oiya sebelum gue keterima di BM-PNJ jadi ada beberapa serangkaian yang harus gue lewatin mulai dari harus rebutan pin dan password dari sekolah dan memenuhi persyaratan hingga tes dan wawancara kalau mengingat perjuangan gue kala itu rasanya gak mau sia-siain pemerintah dan ortu gue karena pemerintah yang udah biayain gue kuliah hehe. Sebelumnya lagi karena gue takut semuanya gue gak keterima dan pada akhirnya gue memilih untuk mengikuti seleksi beasiswa full 100% ketika itu gue baru menaruh berkas ke Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti yang lebih tepatnya berada di Jatinegara. Setelah mendengar bahwa hanya orang yang benar-benar terpilihlah yang akan dipilih disana, dan ketika lu payah dalam belajar maka beasiswa lu akan dicabut dan yaudah berakhir alias lu harus bayar sendiri biaya di STMA Trisakti, mendengar kata Trisakti aja udah takut banget yang namanya mahal yak gue. Jadi di STMA TRISAKTI baru naro berkas dan diumumin untuk yang namanya tes laginya menyusul infonya. Dan sebelumnya lagi ketika itu gue sedang bekerja untuk menambah pundi pundi uang dan menambah pengalaman. Oiya kenapa Kak Wifa tidak menceritakan ketika kakak mengikuti SBMPTN ? Dohhhh sampai lupa bahwa gue sebenernya itu tidak mengikuti SBMPTN. Kenapa kak kok kesempatan disia-siakan? Jadi gini adik-adik bukannya gue gak mau ikutan tetapi waktu itu gue lagi kerja kan apalagi gak bisa izin dikarenakan akhir bulan sehingga harus mengejar target dan itu bener-bener pusing lagipula gue gak ada kesempatan untuk yang namanya belajar. Jadi intinya kerja  dengan orang itu pusing nya pake banget. Lu disuruh ini itu tetapi seru sih dan apalagi sangat menyenangkan ketika lu menerima gaji. Tidak dipungkiri bahwa gue sama seperti wanita  lain yang namanya gajji itu numpang lewat doang LOL.


Jadi saran gue lu jangan pikirin lu mau masuk universitas mana teteapi lu harus tetep berpikir dan konsisten bahwa gue akan masuk jurusan yang ini dan gak akan ada orang yang bisa mengubah keputusan gue saat ini. Jadi mau nyokap lu bilang apapun lu harus konsisten mau lu dicemooh sama temen lu kek. Jangan berpikir GUA HARUS DI UI tetapi jurusan yang lu ambil salah alias bukan passion lu karena kalau kayak gitu sama aja bohong, semakin berat lu menjalankan dunia perkuliahan lu yang semakin rumit. Misalnya aja Si Fullan mau kuliah di UI dan karena dia berpikir UI keren kan? Jadi mau jurusan apapun gue harus masuk UI, ternyata masuklah si Fullan di sastra jawa UI yang notabene sepi peminat dan akhirnya apa ternyata si Fullan cintanya akan dunia otomoif. Nyambung gak dengan jurusan yang diambil? Dan akhirnya si Fullan malah mengabaikan segala tugasnya dan tidak serius dengan kuliahnya malah ia tidak kasihan dengan ortunya yang sudah mengeluarkan uang untuk ia berkuliah di UI.



So adik-adik semua gue gak mau kalian sampe salah jurusan. Harus bener-bener kalian pikirin kedepannya gimana kalau kalian ngambil jurusan ini kalian jadi apa setelah lulus dan akreditasi kampus dan jurusan yang kalian ambil itu penting juga loh.  Btw kalau gue kenapa nyebarang jurusan karena ternyata emang bisnis itu yang gue suka dan gue pingin dan tanpa paksaan dari siapapun ya walaupun gue harus ekstra keras belajar. Itu resikonya, itu keputusan yang gue ambil.

0 komentar:

Posting Komentar